Minggu, 10 Januari 2010

Primata


Primata merupakan salah satu fauna yang keanekaannya sangat beragam, terdapat sekitar 200 jenis primata yang masih hidup di dunia. Jenis primata yang beraneka ragam itu tidak semua memiliki ciri-ciri yang sama, tetapi semua menunjukan kecenderungan untuk berkembang ke arah ciri-ciri tersebut, dan kecenderungan inilah yang menjadi ciri khas seluruh bangsa primata. Satu-satunya sifat yang dimiliki oleh semua primataadalah penyesuaian dirinya untuk hidup di pepohonan (Eimerl dan De Vore, 1978).
Dalam perkembangannya, dunia primata di bagi menjadi 4 besar, yaitu : Prosimia, Monyet Dunia Lama, Monyet Dunia Baru, Kera dan Manusia. Satu pemisahan yang menghasilkan dua rumpun terpisah pada zaman sekarang ini agaknya terjadi pada suatu titik dalam garis silsilah primata, paling sedikit terpisah selama 30 juta tahun. Rumpun pertama yakni Monyet Dunia Baru ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan, sedang rumpun kedua yaitu Monyet Dunia Lama tersebar di Afrika dan Asia (Eimerl dan De Vore, 1978).
Monyet Dunia Lama dan Baru mempunyai beberapa sifat anatomi yang sering jelas sekali bedanya. Tetapi satu cara sederhana untuk mengenalinya ialah dengan melihat hidungnya. Lubang hidung Monyet Dunia Baru, berbentuk bulan dan terpisah oleh sekat yang tebal, sedangkan Monyet Dunia Lama memiliki sekat yang tipis, akibatnya lubang hidungnya berdekatan, berbentuk koma dan meruncing ke bawah. Perbedaan lain yaitu bahwa semua Monyet Dunia Lama mempunyai kapal pada daerah tulang duduknya, yang tidak dimiliki Monyet Dunia Baru (Eimerl dan De Vore, 1978).

*Laporan Kuliah Kerja Lapangan (Anniesha Eza Putri/ Biologi FMIPA Unpad/2005)

2 komentar: